10 Rahasia Manfaat Minum Kopi

Tags

Wayan Mirna, Racun Sianida, Manfaat kopi,

Manfaat Minum Kopi

Sudah jam 04:00 pagi belum bisa merem juga ni mata. Heeemmhh...ketimbang cuma bengong aja mendingan senam jari. Mencoba menuangkan apa yang ada di kepala ini ke dalam sebuah artikel ringan dengan ditemani segelas kopi hitam yang selalu jadi teman setia yang penuh inspirasi . Wkkk wkkk..bahasanya sok keren pake inspirasi.
     
Bicara tentang kopi, selain udah jadi semacam kecanduan buatku,ternyata memang kopi itu punya banyak manfaat lho pren .Bukan sekedar kata teman punya teman lho ya..tapi ni berdasar hasil penelitian orang orang pinter melalui berbagai riset berkaitan dengan kebiasaan minum kopi.
     
Berdasar keterangan dari om Gugel  ada sebuah penelitian yang menyimpulkan bahwa peminum setia kopi memiliki resiko kematian dini 16 persen lebih kecil. Nah loh ketahuan kan, ngga ada yang namanya orang mati gara gara minum kopi, kayak kasus kematian Wayan Mirna  yang lagi heboh hebohnya di beritakan di berbagai media saat ini. Bukan kopi nya kali yang menyebabkan kematian,tapi bisa jadi sesuatu yang di campur dalam segelas kopi yang di minum.

Menyeruput segelas kopi di pagi hari membuat para penikmatnya termasuk aku menjadi lebih bersemangat mengawali aktifitas pagi.. pun begitu di saat harus tidur sampai larut malam,segelas kopi hitam yang ngga pernah absen menemani bikin hidup terasa lebih hidup...! Hidup Kopi...!! Hehehe..
    
Oke setelah membaca artikel ini kamu akan tahu 10 Rahasia Manfaat Minum Kopi. Sudah siap.? monggo kita simak bersama rangkuman dari terakopi blogspot.com berikut ini  :
   

1. Kopi mencegah penyakit batu empedu

Mencegah penyakit batu empedu, ini adalah satu dari 10 Rahasia Manfaat Minum Kopi yang di ungkapkan para peneliti di Universitas Harvard. Mereka telah melakukan serangkaian penelitian pada tahun 2002 lho, dan berhasil menemukan fakta  bahwa wanita yang minum setidaknya empat cangkir kopi dalam sehari bisa  menekan resiko terkena sakit batu empedu dengan angka prosentase  25 persen  lebih rendah dari mereka yang tidak minum kopi. Hasil yang serupa juga berlaku untuk pria dalam penelitian yang dilakukan sebelumnya.


2. Kopi dapat mencegah depresi

Perempuan yang minum dua sampai tiga cangkir kopi dalam sehari 15 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami depresi dan mereka yang minum empat cangkir memiliki resiko 20 persen lebih rendah menurut hasil penelitian yang dilaporkan oleh Archives of Internal Medicine pada tahun 2011. 

3. Kopi dapat meningkatan memori

Kopi dapat membantu meningkatkan daya ingat atau memori otak, baik itu memori jangka panjang maupun pendek. Dalam sebuah studi tahun 2005 yang dipresentasikan pada Radiological Society of North America, para peneliti menemukan bahwa mengkonsumsi dua cangkir kopi berkafein dapat meningkatkan memori jangka pendek dan kecepatan reaksi seseorang. Yang lebih menarik lagi, sebuah penelitian di tahun 2007 menemukan bahwa wanita berusia 65 atau lebih yang rutin minum 3 gelas kopi atau lebih dalam sehari memiliki performa lebih baik dalam tes memori dan hanya sedikit menunjukkan penurunan memori dibandingkan dengan  mereka yang minum hanya satu cangkir sehari.

4. Kopi mengurangi resiko diabetes

Sebuah studi menunjukkan bahwa peminum kopi lebih kecil kemungkinannya untuk terkena Diabetes tipe-2 . Studi itu diperkuat dengan sebuah laporan pada Januari 2012 dalam Journal of Agricultural & Food Chemistry yang secara ilmiah  memberikan penjelasan nya. Hal ini terjadi  karena efek senyawa yang terkandung dalam kopi akan menghalangi hIAPP, polipeptida yang dapat menghasilkan serat protein abnormal, yang ditemukan pada orang dengan diabetes tipe 2.

5. Kopi menurunkan resiko kanker

Mengkonsumsi kopi telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara, endometrium, prostat dan kanker hati. Begitu juga dengan mereka yang terkait dengan obesitas, estrogen dan insulin. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2008 di Swedia menemukan bahwa minum kopi setidaknya dua sampai tiga cangkir sehari dapat mengurangi risiko atau menunda timbulnya kanker payudara.
Namun tidak hanya wanita yang mendapatkan keuntungan. Sebuah studi yang baru-baru ini keluar dari Harvard School of Public Health menemukan bahwa kopi ,baik yang biasa ataupun tanpa kafein mengakibatkan penurunan risiko terkena kanker prostat.


6. Kopi meningkatkan metabolisme tubuh

Kopi dapat membantu Anda mempertahankan atau bahkan menurunkan berat badan. Sebuah studi lama di tahun 1980 menemukan bahwa kafein yang terdapat dalam kopi merangsang metabolisme tubuh, dan itu hanya pada orang “normal,” sedangkan pada orang yang mengalami obesitas, mereka mengalami oksidasi lemak yang lebih besar.

7. Kopi menurunkan resiko penyakit Parkinson

Journal of American Medical Association pada tahun 2000 menemukan bahwa konsumsi kafein dan kopi akan menghasilkan risiko lebih rendah menderita penyakit Parkinson. Sebuah studi pada tahun 2010 juga menemukan hasil bahwa minum dua sampai tiga cangkir kopi setiap hari menjadikan seseorang memiliki peluang 25 persen lebih kecil untuk mengalami penyakit Parkinson atau tremor dibanding dengan mereka yang tidak minum kopi.

8. Kopi mengandung anti oksidan tinggi

Seorang peneliti dari Harvard yang bernama Edward Giovannucci, dalam penelitian yang diterbitkan dalam Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention, mencatat bahwa kopi memiliki lebih banyak antioksidan daripada kebanyakan sayuran dan buah-buahan. Bahkan, sebuah studi tahun 2005 menemukan bahwa kopi berada dalam urutan pertama sebagai sumber untuk antioksidan dalam pola makan orang Amerika.


9. Kopi meningkatkan kinerja dan performa

Kopi  dan kafein di dalamnya telah ditunjukkan dalam beberapa studi dapat meningkatkan daya tahan dan kinerja jangka pendek. Sebuah penelitian di tahun 2008 menyimpulkan bahwa manfaat kafein sebelum latihan tampak dalam meningkatnya  ketahanan tubuh pada aktivitas intensitas tinggi jangka panjang. Hal ini juga dapat membantu atlet tampil baik selama latihan kekuatan, bahkan ketika dalam kondisi kurang tidur sekalipun,jika di konsumsi satu jam sebelum latihan pada dosis 4 mg untuk setiap kg berat badan.

10. Kopi dapat mencegah encok

Kalo yang ini nih ada lagi sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2007 pada pria yang berusia lebih dari 40 tahun.Penelitian di lakukan dengan menghubungkan konsumsi kopi jangka panjang dengan rendahnya risiko encok yaitu sebuah kondisi peradangan yang disebabkan oleh peningkatan kadar asam urat. Baik kopi reguler atau kopi yang tanpa kafein akan memberikan dampak positif. Mereka yang minum enam cangkir sehari memiliki risiko 60 persen lebih rendah terhindar dari kondisi encok.

Nah itu dia beberapa 10 Rahasia Manfaat Minum Kopi yang berhasil di kutip dari beberapa sumber. Yang pasti selalu ada semangat untuk terus berkarya dengan di temani mantapnya segelas kopi. 

This Is The Oldest Page