6 Situs Jual Beli Online Terbaik Di Indonesia

Tags

Lazada, Elevenia,Bukalapak,Tokopedia,Komputer ,blog,gadget

Situs Jual Beli Online Terbaik Di Indonesia

Apa kabar sahabat terakopi.com ketemu lagi nih sama yang punya blog , senang sekali rasanya bisa menuliskan sesuatu yang bermanfaat buat kita semua. Meski hanya hal kecil tapi setidaknya dengan berbagi akan membuat hidup ini lebih berarti ,selaras dengan visi dari terakopi.com ini.

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang pengertian toko online dan market place sebagai jenis e-commerce yang terbaik untuk saat ini. Nah setelah mengenal lebih jauh tentang definisi  juga beberapa kelebihan dan kekurangan masing masing, pasti sahabat semua sudah nggak sabar untuk mulai belanja di salah satu toko online atau market place. Tapi tunggu dulu , sebelum memutuskan buat belanja ada baik nya kita mengumpulkan informasi sebanyak banyak nya tentang profil dari beberapa Situs Jual Beli Online Terbaik Di Indonesia demi kenyamanan, keamanan dan kepuasan kita dalam belanja secara online.

Baiklah sebagai bahan pertimbangan , berikut ini terakopi.com akan menampilkan 6 Situs Jual Beli Online Terbaik Di Indonesia , baik itu yang berbentuk toko online maupun market place. Penulisan nomor pada artikel ini tidak di dasarkan pada ranking , arti nya yang berada pada urutan pertama belum tentu yang terbaik. Semua memiliki kelebihan dan karakteristik masing masing , dan berusaha memberikan pelayanan terbaik mereka  untuk kepuasan bagi para pengguna nya, entah sebagai penjual maupun pembeli.

1. Bukalapak

market place, situs jual beli online terbesar
Didirikan pada awal tahun 2010 oleh Achmad Zaky, pada mula nya berbentuk sebuah usaha agen digital media dan baru resmi berubah menjadi PT pada bulan September 2011. Bukalapak merupakan sebuah market place yang paling banyak di kunjungi pembeli , jumlah pedagang aktif yang membuka lapak di dalamya sekitar 150.000 pelapak dengan produk di tawarkan mencapai 1,5 juta item. Data  terbaru saat artikel ini di tulis 19 Februari 2016 menempatkan Bukalapak pada posisi nomor 10 Alexa Rank di Indonesia.

Salah satu keunggulan yang di miliki Bukalapak adalah di sediakan nya fasilitas rekening bersama yang dinamakan Buka Dompet , dimana setelah mendapatkan barang yang di inginkan, seorang pembeli di arahkan untuk melakukan pembayaran yang di tujukan ke rekening Buka Dompet yang di kelola oleh pihak Bukalapak. Setelah transfer di konfirmasi maka pihak Bukalapak akan memberitahukan kepada penjual untuk mengirimkan barang , selanjutnya setelah barang diterima pembeli wajib mengkonfirmasi ulang sehingga pengelola baru melakukan transfer ke rekening penjual . Dengan mekanisme seperti ini maka kedua belah pihak akan sama sama di untungkan dan tidak perlu takut adanya penipuan.

2. Tokopedia

Sebagai salah satu market place terlengkap saat ini , Tokopedia menyediakan beragam kebutuhan konsumen mulai dari elektronik, gadget , peralatan kantor hingga perlengkapan dapur. Bisa di katakan Tokopedia merupakan pemimpin  Situs Jual Beli Online Terbaik Di Indonesia  dengan menggunakan  konsep mal .  Di dirikan oleh William Tanujaya dan Leontinus Alpha Edison pada tahun 2009 silam dengan pendanaan kuat dari Softbank Internet & Media Inc dan Sequoia Capital , kini di usia nya yang ke 6 Tokopedia memiliki sekitar 3,3 juta produk yang di tawarkan dan terbagi dalam beberapa kategori . Jumlah pengunjung nya mencapai 10 juta orang pada bulan Juli tahun 2015 kemarin dan beraada pada urutan 13 Alexa Rank.

Tokopedia memiliki fasilitas review produk dimana seorang pembeli bisa memberikan testimoni untuk produk yang di beli  dan memberikan penilaian yang menentukan tingkat kepuasan atas pelayanan yang di berikan penjual.

3. Elevenia

Memilik konsep yang hanpir sama dengan dua market place di atas, Elevenia adalah merek dagang di bawah naungan PT. XL Planet yang merupakan perusahaan patungan atau joint venture dari PT. XL Axiata dengan  SK Planet yang merupakan anak usaha dari SK Telecom, perusahaan telekomunikasi terbesar di Korea Selatan sehingga tidak mengherankan jika Elevenia memiliki pendanaan yang sangat kuat. Di dirikan pada tanggal 1 Maret 2014 , dengan usia yang masih muda , tidak menjadikan Elevenia gentar menghadapi kerasnya persaingan, tercatat ada 2 juta produk yang di tawarkan oleh 16.000 penjual di dalamnya.

Program andalan yang di miliki Elevenia adalah dengan memberikan diskon sebesar 11% untuk semua produk setiap tanggal 11 tiap bulan nya yang di namakan dengan " Elevenia Day " melalui program ini Elevenia ingin menunjukkan kalau mereka benar benar serius dalam hal kepuasan pembeli ,sesuai tag yang di usung yaitu " Surga Belanja Online Anda " .

4. Lazada

rocket internet dubai, gadget ponsel, situs e -commerce
Berada di urutan 20 Alexa Rank nama Lazada saya kira bukan nama yang asing bagi pengguna situs jual beli online. Buat saya pribadi Lazada sendiri merupakan toko online yang pertama kali saya kenal sejak awal kemunculan nya tahun 2012 silam. Meski pada awalnya Lazada merupakan sebuah toko online yang hanya fokus pada penjualan beberapa produk gadget seperti ponsel dan yang berhubungan dengan itu , namun seiring berjalan nya waktu saat ini Lazada telah merubah konsep bisnis nya menjadi sebuah market place yang menyasar pangsa pasar yang lebih luas dengan produk yang semakin  lengkap sebagaimana para pesaingnya.

Lazada Indonesia sendiri merupakan bagian dari jaringan ritel global yang memiliki cabang di beberapa negara seperti Malaysia , Hongkong , Vietnam ,Singapura dan beberapa negara lain  yang di kendalikan oleh Rocket Internet dan berpusat di Dubai , Uni Emirat Arab. 

Seperti kita ketahui Lazada banyak memberikan diskon besar besaran untuk produk yang di jual , seperti yang di lakukan pada penghujung tahun 2015 kemarin. 

Lazada juga menawarkan program afiliasi dengan menempatkan iklan pada blog pihak ketiga yang di setujui dan memberikan komisi sebesar 11% untuk setiap produk yang terjual melalui blog tersebut. Bagaimana dengan kalian, tertarik ikut afiliasi Lazada.? untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi marketing di situs resmi nya. Dengan berbagai fakta di atas tidak salah rasanya kalo terakopi.com menempatka Lazada sebagai satu dari 6 Situs Jual Beli Online Terbaik Di Indonesia.

5. Bhineka

Ini dia pelopor e-commerce di Indonesia yang masih tetap eksis dan semakin tumbuh pesat sampai sekarang. Di dirikan pada masa masa sulit tidak lama setelah badai krisis moneter dan politik menghantam Indonesia pada tanggal 1 Juni 1999 oleh dua bersaudara Hendrik dan Nicholas Tio dalam bentuk yang masih sederhana. Hal ini bisa di maklumi karena pada saat itu koneksi internet masih merupakan hal yang sulit dan mahal. Masyarakat Indonesia pun masih awam dengan sistem jual beli online dan angka kepercayaan yang masih rendah ,takut kalau menjadi korban penipuan.

Namun dengan semangat dan usaha yang gigih pantang menyerah dari para karyawan dan pendiri nya, Bhineka mampu melewati masa sulit dan menjadi salah satu toko online yang termasuk 6 Situs Jual Beli Online Terbaik Di Indonesia .

Bhineka sendiri lebih fokus pada penjualan komputer , tablet , kamera dan aneka gadget elektronik lain nya , meskipun sekarang juga mulai melengkapi diri dengan beragan produk untuk mewujudkan misi nya sebagai Indonesia #1 Webstore .

Salah satu keunggulan Bhineka adalah mereka memiliki jaringan toko offline yang tersebar di beberapa kota di Indonesia. Bhineka juga berusaha memberikan kepuasan bagi para konsumen nya dengan memberikan garansi dan servis atas produk yang mereka jual.

6. Matahari Mall

Grup Lippo,Blog, ritel, Jual beli online
Konsep awal dari market place paling bungsu di Indonesia ini di perkenalkan oleh Grup Lippo  pada tanggal 25 Februari 2015 dan di luncurkan secara resmi pada tanggal 9 September 2015 kemarin, jadi baru berusia beberapa bulan dari sekarang. Meski pun masih sangat muda di dunia jual beli online jangan anggap remeh kehadiran Matahari Mall karena sesungguhnya mereka merupakan pemain kawakan di bisnis ritel offline.

Ya nama Matahari sendiri sudah sangat melekat kuat di benak kita. Tidak salah lagi Matahari Mall adalah unit usaha baru milik Grup Lippo yang juga pemilik dari jaringan ritel kondang di tanah air, Matahari Departemen Store, Hypermart dan banyak unit usaha lain nya. Itu sebabnya Grup Lippo tidak tanggung tanggung menggelontorkan dana sekitar 6 Triliun rupiah untuk membangun Matahari Mall , pendanaan yang kuat di dukung pengalaman puluhan tahun di bisnis ritel offline merupakan faktor yang sangat menentukan bagi  Matahari Mall  dalam menghadapi persaingan dengan para kompetitor nya di bisnis jual beli online.

Salah satu konsep unggulan yang di tawarkan Matahari Mall dan menjadikan nya sebagai bagian dari 6 Situs Jual Beli Online Terbaik Di Indonesia adalah  " O2O " Offline to Online dan Online to Offline , sebuah konsep yang memungkinkan para pembeli secara online untuk mengambil barang atau menukar nya di jaringan toko offline Matahari Departemen Store yang tersebar di seluruh Indonesia.

Hemmm.. menarik juga ya mencermati pertumbuhan 6 Situs Jual Beli Online Terbaik Di Indonesia negeri kita tercinta ini. Dengan semakin banyak nya para pemain baru di bidang e-commerce ini , tentu akan menciptakan persaingan sengit yang akan berimbas pada harga jual yang semakin kompetitif , juga peningkatan kualitas dalam hal pelayanan bagi konsumen. Menjadi hal yang menguntungkan buat kita juga kan ,..?


8 komentar

wah,besok ane juga pengen buka toko online kalo ada rezeki gan :D
Visit Blog Saya
http://www.rion-93.blogspot.com/

sip mas Rosyid..semoga sukses toko online nya nanti.. makasih banyak udah mampir kemari.. di tunggu kunjungan balik nya ya.. aku pasti datang.. :D

This comment has been removed by a blog administrator.

aku sring belanja di bukalapak...terpercaya
http://www.jagatrahjaya.blogspot.com

hehe.. makasih mas Nur Fuad. semoga semakin sukses juga ya.. (y)

iya gan.. fitur buka dompet nya yang bener2 bisa jadi proteksi buat seller maupun buyer nya.. Di tunggu kunjungan balik dari aku ya.. :)