Mengenal Apa Itu Fiber Optik Dan Fungsi nya Untuk Akses Internet Kecepatan Tinggi

Tags

Serat Optik, Jaringan Internet,Speedy, Indihome,

Fiber Optik


Akhir akhir ini kita pasti sering mendengar tentang Apa Itu Fiber Optik.? ya hal ini tidak lepas dari gencarnya promosi yang dilakukan oleh PT. Telkom, perusahaan telekomunikasi plat merah yang menawarkan layanan paket  berlangganan 3 in 1 Telkom Indihome di mana ada 3 layanan yang di bundling dalam 1 paket,yakni TV kabel, Telepon rumah dan tentunya yang jadi andalan adalah layanan koneksi internet ber kecepatan tinggi dengan menggunakan jaringan kabel Fiber Optik.

Sampai di sini kita akan membahas apa sih sebenarnya Fiber Optik itu, apa saja kelebihan nya sehingga di klaim bisa menghadirkan kenyamanan baru bagi pelanggan nya dengan koneksi internet ber kecepatan tinggi di tengah buruknya pelayanan internet di Indonesia pada umum nya.


Fiber Optik adalah sebuah saluran transmisi atau kita sebut saja kabel yang terbuat dari bahan kaca murni  yang di desain sedemikian rupa, sehingga sangat halus dan ketebalan nya hanya beberapa mikron saja, lebih tipis dari sehelai rambut. Pada prinsipnya Fiber Optik di gunakan sebagai penghantar yang  berfungsi untuk memantulkan dan membiaskan cahaya yang di pancarkan dengan transmitter dalam bentuk sinyal cahaya dari satu tempat ke tempat lain dan merambat melalui nya.  Sebagaimana kita ketahui kaca di pilih karena kaca merupakan penghantar cahaya yang paling sempurna, semakin murni bahan penyusun kaca yang di gunakan maka akan semakin bagus daya hantar nya dan semakin sedikit cahaya yang di serap.

Secara umum penampang kabel Fiber Optik terdiri dari  beberapa bagian  yakni  inti dan beberapa lapisan yang masing masing memiliki fungsi dan karakteristik sebagaimana berikut ini

Bagian Inti atau Core

Bagian terdalam dari Fiber Optik adalah serat kaca itu sendiri yang sangat halus dan tipis, pada umum nya ber diameter antara 2 - 50 mikron, semakin besar diameter nya dan tingkat kemurnian bahan penyusun nya tentu akan semakin baik pula daya hantar dari Fiber Optik.

Cladding 

Cladding atau di sebut juga sebagai Jaket Cladding terbuat dari bahan kaca juga, memiliki fungsi utama sebagai lapisan pelindung bagian inti dan memancarkan cahaya dari luar ke dalam bagian inti.


gambar penampang, apa itu fiber optik,kelebihan fiber optik
Penampang Fiber Optik

Coating

Lapisan berikutnya adalah pelindung yang terbuat dari bahan plastik, berfungsi mencegah kerusakan pada inti yang di akibatkan dari faktor eksternal seperti kelembaban udara maupun tekukan yang ekstrem. Untuk mempermudah pada saat instalasi maka bagian Coating ini memiliki warna yang berbeda beda.

Strenght Member & Outer Jacket

Ini adalah bagian dari sebuah Fiber Optik yang memiliki fungsi vital sebagai pelindung utama dari bagian bagian di dalam nya dan mencegah kerusakan fatal yang bisa saja terjadi dalam proses pemasangan. Outer Jacket merupakan lapisan terluar yang biasanya terbuat dari bahan karet atau plastik sebagai pembungkus dari Fiber Optik

Sebagai sebuah produk yang di desain sedemikan rupa melalui proses produksi yang menggunakan teknologi  modern , tentu nya Fiber Optik memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan kabel konvensional yang di gunakan sebelum nya dalam jaringan seperti kabel tembaga misal nya. Beberapa keunggulan dari Fiber Optik ini lah yang di manfaatkan banyak pihak termasuk di antara nya PT. Telkom untuk menghadirkan layanan koneksi internet ber kecepatan tinggi. Apa saja kelebihan dari Fiber Optik.? Terakopi.com akan mengajak anda untuk mengupas bersama sama.


Google Bangun Jaringan Kabel Bawah Laut Singapura - Sidney , Welcome Fast Internet Connection..!

Kelebihan Kabel Fiber Optik 

  • Memiliki kecepatan transfer data yang sangat tinggi mencapai 1000 Mbps bahkan tak terhingga .
  • Mampu di lewati data dalam kapasitas yang sangat besar hingga 1 Giga byte hanya dalam waktu 1 detik. 
  • Lebih tahan terhadap gangguan cuaca seperti kelembaban udara maupun gangguan eksternal lain nya semisal gelombang elektromagnetik.
  • Fiber Optik memiliki jangkauan penerimaan sinyal yang lebih jauh di bandingkan dengan kabel lain nya.
  • Lebih aman dari potensi korsleting atau terbakar dari listrik arus pendek,di karenakan serat kaca bukan penghantar listrik.
  • Dengan diameter nya yang lebih kecil, tipis dan ringan  maka akan memudahkan pada saat instalasi jaringan.
Demikian ulasan tentang apa itu Apa Itu Fiber Optik, karakteristik dasar dan beberapa kelebihan nya sebagai penunjang layanan koneksi internet berkecepatan tinggi dan berkualitas. Meski tidak dapat di pungkiri bahwa ada juga beberapa kekurangan nya, Namun beberapa kekurangan yang ada tentu nya akan terus di sempurnakan seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih.


Ini Dia 5 Negara Dengan Koneksi Internet Mobile Tercepat di Dunia 2017