Perbedaan Headset, Headphone, Handsfree dan Earphone

Tags

Perbedaan Headset, Headphone, Handsfree dan Earphone, Sahabat terakopi.com pasti udah nggak asing lagi sama ke 4 istilah ini, bahkan sepertinya sudah menjadi barang yang wajib buat kita miliki. Ya ke 4 benda ini tidak dapat di pisahkan dari aktifitas keseharian saat pengen dengerin musik, maen game online, atau saat sedang menelepon dan kita nggak mau privacy kita terganggu oleh orang lain. Namun kerap kali kita tidak bisa membedakan dan menganggap ke 4 nya sama saja.

Pada garis besar nya Headset, Headphone, Handsfree dan Earphone memang memiliki persamaan fungsi dan dan prinsip kerja yakni merubah arus listrik dari sebuah perangkat menjadi gelombang suara yang bisa kita dengarkan, namun tentunya ada perbedaan juga di antara nya. Nah kali ini sahabat terakopi.com akan saya ajak untuk mengenal lebih jauh definisi dari ke 4 benda ini sehingga temen temen bisa bisa tahu  Perbedaan Headset, Headphone, Handsfree dan Earphone agar tidak salah lagi dalam pengucapan nya sehari hari. Kita mulai dari :

Headset

audio,musik,headset,game online
Headset
Perangkat  yang satu ini merupakan media bantu dengar yang tidak bisa di pisahkan dari  temen temen yang suka main game online, Bentuknya bantalan yang menutupi daun telinga sehingga suara yang di hasilkan tidak keluar. Headset memiliki penghubung antara bagian kanan dan kiri dan biasanya melalui atas kepala. Temen temen tahu bando yang sering di pake cewek kan, Nah gambaran nya seperti itu, bando ini yang berfungsi sebagai  penahan agar speaker yang biasanya berupa bantalan  bisa menempel dengan nyaman di telinga saat di gunakan.

Kenapa di sebut dengan headset.? Ya karena alat ini di lengkapi dengan mikrofon kecil  untuk berbicara sehingga memungkinkan pengguna nya bisa ber interaksi dua arah. Mikrofon ini di tanamkan  pada satu sisi berbentuk seperti gagang. Selain untuk penunjang game online , Headset juga jamak digunakan para kru pesawat sebagai alat komunikasi di kokpit.


Headphone

musik mp3,kopi hitam,lagu,beda
Headphone
Perlu di ingat bahwa Headset, Headphone, Handsfree dan Earphone itu memiliki kesamaan fungsi. Hanya saja secara tampilan fisiknya bentuk Headphone sama persis dengan Headset hanya satu hal yang membedakan yakni tidak adanya mikrofon yang terpasang padanya.

Headphone lebih nyaman di gunakan buat aktifitas dengerin musik di mana kita tidak memerlukan komunikasi dua arah. Jangan lupa dengerin musiknya akan lebih mantap kalo sambil minum kopi hitam nya sob..

 

 

 Handsfree

handsfree,volume,speaker,fitur
Handsfree
Dari namanya yang pakai free tentu teman teman sudah paham dong pengertian dasar Handsfree. Hehee..kata free itu sendiri berarti bebas jadi Handsfree adalah alat bantu denger yang membebaskan kerja tangan.

Bentuknya adalah speaker kecil yang dapat di sumbatkan ke dalam lubang telinga atau cukup di tempelkan pada daun telinga saja dengan sebuah penjepit. Seperti halnya Headset alat ini di lengkapi juga dengan  mikrofon kecil untuk berbicara dan tombol yang berfungsi untuk mengatur on off, volume suara dan beberapa fitur tambahan lain nya.

 

Earphone

earphone,membedakan Headset,Headphone,Handsfree,Earphone
Earphone
Benda ini menyerupai Handsfree akan tetapi tidak di lengkapi dengan mikrofon, itulah gambaran dari Earphone.

Jika di bandingkan dengam Headphone hanya berbeda ukuran dan cara pemakaian nya saja. Di mana Earphone memiliki ukuran fisik yang relatif lebih kecil sehingga pemakaian nya pun dengan cara disumbatkan ke lubang telinga atau cukup dengan menempelkannya.

Seperti yang temen temen ketahui saat ini Earphone  sudah menjadi kelengkapan wajib pada sebuah telepon selular yang disertakan dalam kemasan.


Nah dengan apa yang di sampaikan di atas sekarang temen temen jadi tahu kan Perbedaan Headset, Headphone, Handsfree dan Earphone. Jadi mulai dari sekarang kalo mau beli atau pinjem sama temen yang lain jangan sampai salah nyebutin nya yaa, malu dong hehee...