Mengenal Toko Online dan Market Place - 2 Bentuk E-Commerce Terbaik

Tags

kelebihan kekurangan market place, website jual beli

E Commerce

Kebutuhan untuk berbelanja dengan lebih  mudah, cepat dan nyaman tanpa perlu keluar dari rumah merupakan salah satu hal yang melatar belakangi lahir nya konsep jual beli atau bisnis secara online. Jual beli online atau dalam istilah keren nya e-commerce seolah sudah menjadi trend atau budaya baru  bagi sebagian besar masyarakat kita.  Tinggal duduk di depan komputer, buka situs situs jual beli  yang banyak bertebaran di internet,klik sana sini pilih barang yang kita inginkan, lakukan pembayaran secara online juga dan barang akan di antar ke rumah kita tanpa perlu beranjak dari rumah.

Perkembangan e-commerce secara global dan di Indonesia pada khususnya tidak dapat di pisahkan dari semakin membaik nya sarana dan prasarana pendukung, kehadiran berbagai macam gadget yang semakin canggih dengan harga terjangkau dan kualitas layanan internet cepat dengan Fiber Optik yang di sediakan provider, ikut menopang bagi laju pertumbuhan bisnis online. Sebuah survey yang dilakukan oleh badan riset Frost & Sullivan mencatat bisnis online di Indonesia mengalami pertumbuhan rata rata 17 persen per tahun nya.

Salah satu bentuk nyata dari tinggi nya angka pertumbuhan binis online atau e-commerce di tandai dengan kehadiran  situs situs atau website jual beli yang terus bermunculan di Indonesia. Nilai transaksi yang di catatkan pun mencapai milyaran rupiah dan terus mengalami peningkatan. Masyarakat pengguna layanan ini pun terus tumbuh di tengah perekonomian yang semakin membaik. 

Pada dasarnya e-commerce memiliki berbagai macam bentuk, namun yang lebih dominan untuk saat ini adalah toko online dan market place. Meskipun masih banyak bentuk bisnis online lain nya, masyarakat pengguna lebih mengenal dan terlibat langsung dengan apa yang di sebut toko online dan market place. 

Selintas memang tidak terlihat perbedaan antara toko online dengan market place, dan kebanyakan dari kita pun menganggap keduanya sama, keduanya sering rancu dalam pengucapan maupun pemahaman kita untuk merujuk kepada sistem jual beli online. Untuk lebih memahami tentang kedua bentuk bisnis online ini, sahabat terakopi.com akan saya ajak untuk mengupas lebih lanjut tentang definisi, kelebihan dan kekurangan masing masing.

Market place

Market place adalah suatu tempat atau website yang menjadi tempat bagi bertemu nya beberapa penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi. Dalam dunia nyata bisa kita analogi kan sebagai sebuah pasar tradisional atau mall. Pihak pemilik market place bertindak sebagai  fasilitator yang menjembatani kebutuhan antara penjual dan pembeli dengan menyediakan berbagai fasilitas pelayanan. Dalam hal ini pemilik akan berusaha untuk memberikan pelayanan se optimal mungkin agar menarik sebanyak mungkin penjual dan pembeli untuk ber transaksi. Kenyamanan dan keamanan bertransaksi merupakan hal wajib yang harus di penuhi kalau tidak ingin di tinggalkan oleh penguna nya. Contoh bentuk market place yang sangat terkenal saat ini adalah Bukalapak dan Tokopedia. 

Hal apa saja yang menjadi kelebihan dari market place ini bagi seorang penjual .? Ada beberapa hal pokok di antaranya sebagai berikut :
  • Tidak perlu membangun website sendiri. Ya benar seorang penjual hanya perlu untuk membuka akun di market place tertentu, tanpa harus bersusah payah membuat sebuah website untuk berjualan. Setelah seseorang membuka akun maka tugas selanjutnya tinggal upload barang atau jasa yang ingin di jual.

  • Market place merupakan tempat berkumpul dari banyak penjual dengan dagangan yang beragam sehingga akan di kunjungi oleh lebih banyak calon pembeli. Dalam hal ini pihak penjual tidak perlu melakukan banyak promosi, karena sudah dilakukan oleh pemilik market place.

  • Karena di kelola dengan lebih profesional, maka tingkat kepercayaan dari pembeli pun akan lebih tinggi. Adanya fasilitas keamanan yang di sediakan seperti rekening bersama membuat ketakutan akan adanya penipuan dari kedua pihak pun berkurang.

Di samping memiliki kelebihan seperti poin di atas, berjualan di sebuah market place tentunya juga memiliki beberapa kekurangan seperti :
  • Kita hanyalah seorang penyewa dalam artian tidak mempunyai kuasa penuh dalam hal hal tertentu, dalam market place seorang penjual harus tunduk pada peraturan dan kebijakan yang di buat oleh pemilik nya.

  • Tidak bisa membangun brand atau image dari bisnis online kita, karena pengunjung pasti lebih mengingat nama marketplace dimana kita menyewa di bandingkan dengan nama toko online kita.

  • Banyak penjual dengan barang dagangan yang sama dengan apa yang kita jual, sehingga tentu nya tingkat persaingan pun akan lebih tinnggi dan memaksa kita untuk menyesuaikan harga dengan profit keuntungan yang lebih kecil.

Nah sekarang kita beranjak kepada pengertian dari toko online, dan coba membandingkan kelebihan dan kekurangan nya dengan market place.

Toko online

Toko online dapat kita asumsikan sebagai sebuah toko yang kita bangun sendiri dan tidak bergantung kepada pihak ketiga dalam pengelolaan nya. Toko online merupakan bentuk dasar dari e-commerce itu sendiri. Sebagai pemilik yang memiliki kuasa penuh , maka kemajuan dari toko online akan di tentukan oleh kerja keras kita sendiri. Di butuhkan pemahaman dan penguasaan tentang website,seperti misal nya SEO untuk mengoptimalkan pencarian di mesin pencari, melakukan teknik promosi yang baik, dan tentunya memberikan kualitas pelayanan yang prima.

Kelebihan dari toko online di antaranya seperti di bawah ini :
  • Kita memiliki kontrol penuh dan berjualan dengan menggunakan brand atau merek sendiri.

  • Karena kita satu satunya penjual maka dapat di katakan tidak ada pesaing untuk produk yang kita jual, harga jual dan profit keuntungan sepenuhnya kita yang menentukan

Namun toko online juga memiliki banyak kekurangan di antaranya :
  • Di butuhkan pemahaman dan penguasaan tentang website, ya kita harus membuat sendiri website sebagai tempat kita berjualan secara online, dan itu artinya kita harus sedikit bersusah payah di awal, apalagi kalo kita awam dengan dunia website.

  • Harus banyak melakukan promosi,karena kita sedang membangun brand sendiri,yang belum banyak di kenal oleh orang banyak sebagai calon pembeli.

  • Dan kekurangan lain nya adalah faktor kepercayaan atau trust, masih banyak orang yang ragu untuk berbelanja di sebuah toko online, apalagi brand yang baru mereka kenal, di sini di butuhkan kerja keras dan kemampuan kita sebagi pemilik, agar konsumen menjadi yakin dan benar benar merasa nyaman dan aman saat bertransaksi. Berikan pelayanan yang baik dan memuaskan dalam hal sekecil apapun. Dan dengan sendirinya seiring berjalan nya waktu, kepercayaan itu akan datang.

Demikian yang bisa terakopi.com sampaikan tentang bisnis online, khususnya  market place dan toko online.
Semoga bermanfaat dan dan silahkan membaca artikel menarik lain nya di blog ini. Terima kasih..