Tips Mudah Melindungi Blog Dari Pencurian Artikel

Tags

Tips Mudah Melindungi Blog Dari Pencurian Artikel ini saya buat berdasarkan pengalaman pribadi belum lama ini. Berawal ketika mencoba melakukan penelusuran untuk sebuah artikel yang baru aku buat di mesin pencarian Google,tanpa sengaja malah menemukan ada satu satu blog yang menampilkan artikel sama persis dengan apa yang aku posting di halaman pertama Google.

Karena penasaran dan setengah nya terkejut, saya coba klik artikel pada blog tersebut, keheranan semakin bertambah karena ternyata  isi  artikel sama persis 100 persen dengan apa yang sudah aku buat, benar benar murni hasil copy paste tanpa ada perubahan satu kata pun, bahkan pada bagian isi artikel pun  nama blog masih atas nama terakopi.com punyaku. Hemmm.. luar biasa ini orang.



pencurian artikel,feed burner,konten orisinil
Artikel Copy Paste
Coba bayangkan artikel itu aku buat sampai larut pagi hampir subuh , maklum aku masih seorang pemula dalam dunia blogging ,sampai detik ini pun terakopi.com baru berumur satu bulan lho. 

Pasti nya ada rasa jengkel ,apalagi blog plagiat itu mem posting artikel hasil curian nya hanya berselang kurang lebih 5 hari saja sejak aku posting artikel yang sama.

Sengaja aku screenshoot artikel di blog yang bersangkutan, bukan nya bermaksud apa apa , hanya sebagai perhatian saja karena dengan dalih apapun tindakan plagiat seperti ini bukanlah hal yang terpuji bagi seorang blogger. 

Masih banyak cara lain untuk menampilkan konten yang orisinil tanpa harus melanggar etika  dan merugikan orang lain dengan copy paste. Jika kita mau belajar untuk melakukan yang terbaik dengan di awali niat  dan kemauan yang kuat untuk terus belajar, seiring pejalanan waktu kita pasti bisa kok menjadi seorang blogger yang baik dan mempunyai blog yang berkualitas.

Berbekal kejadian itu lah maka aku mencoba mencari tahu kenapa artikel bisa di curi dan bagaimana cara mengatasi nya, sehingga akhirnya bisa membagikan  Tips Mudah Melindungi Blog Dari Pencurian Artikel ini kepada sobat terakopi.com agar kita bisa melindungi hasil karya kita dan terhindar dari orang yang tidak bertanggung jawab.

Pencurian artikel bisa terjadi karena salah satunya kita membiarkan fungsi pengumpan balik atau feed pada pengaturan blog kita pada settingan penuh, sehingga memungkinkan pihak lain melakukan pencurian secara otomatis. Tentang bagaimana prinsip kerja dari feed ini bisa sobat pelajari lebih jauh karena banyak blog yang mengulasnya dengan lebih detail.

Di sini saya hanya akan memberikan Tips Mudah Melindungi Blog Dari Pencurian Artikel dengan bahasa yang sederhana agar lebih mudah di pahami oleh sobat terakopi.com. Mari kita pelajari bersama langkah langkah di bawah ini :

Masuk ke Dashboard Blogger > Setelan > Lain nya > Umpan Situs

Langkah pertama yang harus sobat lakukan adalah masuk ke halaman dashboard blogger sobat sendiri.
Setelah masuk di dashboard perhatikan tampilan berikut dimana ada beberapa pilihan pengaturan, Pilih pada Setelan kemudian masuk ke pilihan Lain nya di urutan paling bawah.



umpan situs, setelan url,Blogger
Dashboard Blogger

Umpan Situs 


Langkah selanjut nya buka pada pilihan Umpan Situs pada tag Izinkan umpan blog.? di sini ada beberapa pilihan yakni : 
Penuh , Sampai Lompat Baris , Singkat ,  Tak Satu pun dan Khusus.

Penuh  :  Sobat bisa menentukan pilihan apa saja selain opsi penuh karena pencurian artikel secara utuh bisa terjadi jika kita melakukan pengaturan Umpan Situs pada pilihan penuh. 

Sampai Lompat Baris :  Dengan memilih opsi Sampai Lompat Baris pun sebenar nya artikel kita sudah cukup terlindungi karena pencuri hanya bisa mengambil beberapa baris teratas dari artikel kita.

Singkat :  Kebanyakan blogger memakai opsi ini karena merupakan pilihan tengah di mana hanya ada sebagian kecil saja dari artikel di blog kita yang bisa di teruskan ke luar melalui fungsi feed atau umpan ini.


Footer Feed Posting

Sebenar nya masih ada satu hal lagi yang bisa kita lakukan sebagai antisipasi seandai nya masih ada yang sengaja untuk mencuri artikel kita . Tips Mudah Melindungi Blog Dari Pencurian Artikel yang kedua adalah dengan memanfaatkan fungsi pada pilihan Footer Feed Posting yang arti nya saat pencuri artikel memaksakan untuk posting artikel hasil curian di blog nya maka pada bagian bawah postingan dia akan tercantum nama blog kita secara otomatis dan itu berarti akan menjadi back link juga buat kita sebagai pemilik sah artikel.

Cara nya adalah dengan memasukkan kode HTML seperti ini di bagian kolom Footer Feed Posting

< a href = " URL Blog sobat "/> Copyright by : Nama blog sobat </a>

Dengan memasukkan kode tersebut setiap artikel yang di posting di blog lain akan secara otomatis mencantumkan nama blog kita dan tentu nya ada sedikit keuntungan buat kita. 

O iya  untuk mengakhiri setiap langkah di atas jangan lupa untuk menyelesaikan nya dengan menyimpan nya ya, seperti yang di tunjukkan pada gambar.

Sampai di sini yang bisa aku sampaikan untuk Tips Mudah Melindungi Blog Dari Pencurian Artikel , silahkan di terapkan di blog sobat, semoga bermanfaat buat kita semua.


 








4 komentar

info yang sangat berguna untuk mengurangi plagiat didunia blogger

iya mas..belajar dari pengalaman pribadi. padahal aku juga belum lama belajar bloging..baru sebulan lebih dikit.
makasih kunjungan nya mas Naufal.. smoga sukses slalu..

iya bro nasty28 makasih banyak.. :)