Bersiaplah Menyambut 5 G Teknologi Seluler Generasi Ke Lima Yang Akan Memanjakan Anda

Tags

Teknologi 5 G generasi kelima sebagai standar baru teknologi seluler

Hallo yang lagi video call an sama pacar nya apa kabar..? Buat kamu yang lagi streaming an drama Korea di You Tube juga gimana koneksi internet nya, lancar lancar saja kan nggak  sering terputus , streaming nya juga nggak buffering mulu kan. Syukur deh kalo begitu.


Ya meski kecepatan  internet di negara kita masih tertinggal jauh dengan beberapa negara tetangga kita seperti Singapura atau Australia misal nya , namun setidak nya kita masih bisa bernafas lega dengan hadir nya teknologi terbaru 4 G LTE yang  di sediakan provider tanah air seperti Telkomsel , Smart  dan lain lain yang belakangan ini area cakupan nya sudah merambah ke kota kota kecil. Sehingga memungkin kan bagi kita untuk lebih menikmati berselancar di dunia maya.


Tapi tahukah kamu kalau teknologi 4G LTE yang terbilang masih baru di Indonesia , ternyata sudah mulai di anggap usang di belahan bumi lain. Perkembangan teknologi telekomunikasi yang sedemikian cepatnya telah melahirkan generasi terbaru yang di gadang gadang akan segera menggantikan 4 G LTE. Yaa..kebutuhan akan koneksi internet yang lebih cepat dan bisa menjawab berbagai masalah yang semakin kompleks , telah mendorong beberapa vendor di bidang ini melakukan berbagai inovasi dan terobosan sehingga lahir lah generasi ke lima atau lazim di sebut dengan teknologi 5 G sebagai standar baru telekomunikasi seluler di dunia.


Dalam pertemuan Mobile World Congress ( WMC ) yang di selenggarakan di kota Barcelona , Spanyol beberapa waktu yang lalu, beberapa vendor seluler ternama belum bisa memastikan kapan teknologi ini bisa di rilis untuk di gunakan secara komersial, namun Nokia dan operator seluler terbesar di Jepang NTT DoComo meyakinkan kalau teknologi 5 G ini akan bisa segera di nikmati saat berlangsung nya Olimpiade Tokyo tahun 2020 yang akan datang.


Kalian pasti pengen tahu juga seberapa hebat nya sih teknologi 5 G ini , baiklah saya asumsikan  kecepatan 4 G LTE terbaik adalah 100 Mbps, itu sudah maksimal lho ya , kalau di kita paling juga nyampe 5 Mbps juga udah ngos ngosan. Nah teknologi 5 G ini terbukti  memiliki kecepatan ratusan kali lipat yakni tembus 10 Gigabyte per seconds seperti yang telah di uji coba di Korea Selatan tahun ini , namun untuk bisa menggunakan nya , netter negeri ginseng harus sedikit bersabar , karena baru akan di  komersialkan tahun 2020 nanti , sembari melakukan penyempurnaan sistem , juga menunggu berbagai peraturan menyangkut aspek teknis, privacy dan keamanan pengguna yang sedang di godok oleh International Telecomunication Union ( ITU ) sebagai regulator telekomunikasi tertinggi di dunia.


Keunggulan teknologi 5 G tentu tidak hanya dari segi kecepatan saja , namun ada banyak hal yang tidak di dapatkan pada 4 G LTE yang bisa di lakukan oleh 5 G , di antaranya kemapuan umtuk ter koneksi dengan peralatan lain nya seperti telepon , mobil, peralatan rumah tangga bahkan ter integrasi dengan manusia sendiri.


Penggunaan 5 G nantinya tidak hanya terbatas dalam hal komunikasi seluler saja , tapi bisa di aplikasi kan untuk mendukung bidang kedokteran , pendidikan , keamanan dan lain lain. Para pakar kedokteran juga sedang mengembangkan sebuah micro chip yang nanti nya akan di tanam pada semacam perban yang berfungsi untuk memantau hal hal yang berkaitan dengan penyakit pasien , dan data yang terkumpul akan bisa di analisa dengan cepat dan akurat dengan menggunakan teknologi 5 G ini.



Teknologi 5 G juga memungkinkan bagi beberapa orang yang berada pada jarak yang terpisah jauh, bisa melakukan percakapan virtual seolah benar benar nyata dan berada di tempat yang sama. Pasti nya akan sangat mengasyik kan bukan 😀



Nah buat kita yang di Indonesia sabar dulu yaa, nanti juga bakalan hadir di sini juga kok , orang Korea Selatan sama Jepang juga belum semua nya bisa menikmati , setidaknya hingga tahun 2020 nanti saat teknologi 5 G akan di rilis secara komersial.