Facebook dalam Sepenggal Kisah

social media , facebook informasi teknologi


Apa yang anda pikirkan.? Kalimat ini pasti sudah tidak asing lagi buat temen temen semua.



Ya itu adalah sebuah kalimat tanya yang identik dengan Facebook. Saat ini bisa di pastikan hampir semua manusia yang berada di kolong langit ini mengenal apa itu Facebook dan akrab dalam kehidupan sehari hari. Betul nggak.?



Rasanya ada yang kurang kalo sehari saja kita nggak buka akun Facebook kita, entah itu sekedar melihat lihat postingan yang memenuhi beranda kita, menuliskan tentang apa saja yang ingin kita sampaikan lewat status, mengomentari status dari teman teman, kirim pesan pribadi melalui inbox, atau hanya sekedar buat like status yang kita sukai saja. Ya kurang lebih seperti itulah aktifitas yang sering kita lakukan saat behadapan dengan akun Facebook kita.    



Dari gambaran di atas dapat di pastikan kalo kita semua ini sudah familiar banget ya dengan si Facebook ini, tapi ada nggak di antara temen temen yang pengen tahu lebih jauh tentang apa sih sebenernya Facebook itu.?



Bisa di pastikan hanya sedikit di antara kita yang  tahu lebih banyak tentang seluk beluk Facebook. Ya buat apa juga kita tahu, yang penting kan kita bisa menggunakan nya he..he..he. Tapi nggak ada salah nya juga kan kalo kita kupas sedikit daleman nya, biar kalo kita di tanya " Apa yang anda pikirkan ? "  kita nggak gelagapan jawab nya.



Baiklah kita lanjut ke pengertian tentang apa itu Facebook dan sejarah awal di luncurkan nya aplikasi ini .  



13 tahun silam atau tepatnya pada tanggal 4 Februari 2004 di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat, Facebook untuk pertama kali nya di luncurkan.



Nama Facebook diambil dari buku yang diberikan kepada setiap mahasiswa baru pada tahun awal studi nya di beberapa universitas di Amerika Serikat dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain.



Figur utama di balik ide cemerlang ini adalah  seseorang yang kini menjadi CEO Facebook,Inc yakni  Mark Zuckerberg bersama beberapa teman sekamarnya sesama mahasiswa di Universitas Harvard . Mereka adalah Dustin Moskovitz ,Eduardo Saverin, Andrew Mc Collum dan Chris Hughes.



Pada masa awal nya ke anggotaan situs web ini hanya terbatas di kalangan mahasiswa Harvard saja, namun kemudian diperluas hingga  ke beberapa  perguruan tinggi  lainnya  di kota  Boston, seperti Ivy League dan Universitas Stanford.



Fecebook yang bersifat  media layanan sosial ini  semakin populer nya setelah  perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain , para  siswa di sekolah menengah atas pun  mulai bisa memanfaatkan layanan ini dan pada akhirnya setiap orang yang berusia minimal 13 tahun di perbolehkan secara sah untuk menjadi pengguna akun Facebook.



Hingga saat ini data mutakhir yang tercatat ada kurang lebih 1,44 miliar pengguna aktif Facebook per bulan nya di seluruh muka bumi ini. Tak bisa di pungkiri Facebook merupakan situs jejaring sosial yang paling banyak di gunakan saat ini. 

Facebook merupakan sebuah situs layanan sosial yang bertujuan menghubungkan seseorang dengan orang lain nya , di mana pengguna nya  harus mendaftar terlebih dahulu melalui akun email atau nomer telepon sebelum dapat menggunakan situs ini.


Setelah pendaftaran berhasil ,maka pengguna akan di bawa ke halaman utama dimana  kita dapat  mengisikan apa saja tentang diri kita dalam  profil pribadi, kemudian mulai menambahkan pengguna lain sebagai teman dengan mengirimkan permintaan pertemanan.



Facebook juga menyediakan fitur bagi kita untuk saling mengirim pesan pribadi melalui fitur pesan yang hanya bisa di akses oleh kita sebagai pemilik akun.,ada juga pemberitahuan otomatis yang memberitahukan kepada kita saat seorang teman  memperbarui profilnya, up date status maupun mengomentari status yang kita buat .



Untuk lebih memudahkan bagi seseorang yang memiliki ketertarikan pada hal yang sama, Facebook menyediakan fitur grup pengguna di mana para pengguna bisa membuat grup tersendiri untuk saling berkomunikasi berdasarkan hoby, latar belakang pekerjaan, sekolah atau  apa saja.



Karena jasa  Facebook jugalah  kita bisa menyambung komunikasi yang telah terputus dengan beberapa teman lama kita yang hilang kontak . Selain sebagai sarana  mendapatkan teman teman baru tanpa mengenal batas wilayah.



Ibarat pisau yang memiliki dua mata sisi ,begitupun hal nya dengan Facebook ada banyak hal negatif yang menyertai keberadaan nya,tinggal bagaimana kita sebagai manusia yang punya kelebihan akal pikiran mau menyikapi nya seperti apa.



Teknologi di ciptakan untuk memberi kemudahan kepada manusia dalam hal apapun , maka seyogyanya lah kita  mampu mengendalikan teknologi itu untuk kehidupan yang lebih baik atau kita yang akan hancur tergilas oleh nya.


Selamat ber Facebook ria 😁