Hacker Topi Putih Bukan Maling

Tags

White Hat Hacker, peretasan situs website ,Sultan Haikal,Massachusetts Insitute of Technology



Beberapa hari belakangan ini kita di suguhi dengan masif nya pemberitaan di berbagai media massa, terutama di televisi tentang seorang anak muda yang di tangkap oleh pihak kepolisian.


Yaa.. nama Sultan Haikal mendadak menjadi viral , perbincangan hangat di tengah kejenuhan akan berita tentang kegaduhan politik di negeri ini. Pemuda 19 tahun yang hanya jebolan SMP ini di jemput unit Bareskrim Polri di rumah kediaman orang tuanya di perumahan Situ Gintung Residence, Tangerang pada tanggal 30 Maret 2017 lalu.


Kesalahan apa yang telah dia lakukan sehingga harus berurusan dengan pihak berwajib.?


Kita di buat seolah tidak percaya ,dengan latar belakang pendidikan formal yang hanya sampai SMP itu , ternyata Haikal adalah seorang master di bidang IT , betapa tidak .. hanya dengan berbekal ilmu yang didapatkan secara otodidak melalui browsing di Google, dia berhasil menjebol 4600 an situs internet dalam waktu hanya beberapa bulan saja , sejak dia mulai beraksi tahun 2016 kemarin.



Tidak tanggung tanggung website resmi Polri , Garuda Indonesia , Tiket.com dan ribuan situs lain berhasil dia retas. Dan yang lebih mencengangkan lagi, dari keahlian nya itu dia bersama 3 orang anak buah yang telah di tangkap 2 hari sebelumnya di Balikpapan , Kalimantan Timur telah meraup uang senilai 4 miliar rupiah lebih.



Dengan tertangkapnya Sultan Haikal , telinga kita pasti menjadi  lebih sering mendengar istilah                                                                         " Hacker "



Ya betul , sampai saat ini pemahaman kita tentang hacker adalah orang yang meretas atau menjebol sebuah situs internet pihak lain secara ilegal, yang termasuk sebuah tindak kejahatan.


5 Hacker Wanita Tercantik di Dunia yang Membuat Laki laki Gagal Fokus 


Tapi tahukah anda.? pengertian hacker  tidak sepenuh nya seperti itu.


Baiklah akan saya ajak anda untuk kilas balik ke beberapa dekade yang lalu, untuk lebih memahami apa sih Hacker itu.





Awal tahun 1960 an di Massachusetts Institute of Technology ( MIT )

Di kampus kebanggaan Amerika Serikat inilah untuk pertama kali nya istilah " Hacker " mulai muncul ketika beberapa mahasiswa di kampus ini bergabung dalam sebuah proyek untuk pengembangan sebuah sistem komputer.



Kata Hacker dalam arti positif di gunakan untuk menyebut seorang anggota yang memiliki kemampuan atau keahlian dalam bidang komputer . Mengutak atik sebuah program yang telah ada untuk membuatnya menjadi lebih baik dan sempurna dari yang sebelumnya.



Kalo demikian kenapa sebagian dari kita  menganggap hacker itu jahat , padahal mereka adalah orang yang telah bersusah payah mencurahkan segenap kemampuan nya untuk membuat sebuah sistem menjadi lebih baik.



Mau tahu alasan nya kenapa..? 





" The 414s " Milwaukee , USA
 
Kata Hacker mulai berubah konotasi nya menjadi negatif ketika pada tahun 1984 ,FBI berhasil meringkus sebuah kelompok yang melakukan tindak kejahatan peretasan sistem komputer beberapa instansi , termasuk milik Laboratorium Nasional Los Alamos, Amerika Serikat.


Kelompok kriminal ini di namakan demikian merujuk pada angka 414 yang merupakan kode area lokal dimana mereka beraksi di kota Milwaukee. Mereka di nyakan bersalah dan di jatuhi hukuman masa percobaan atas pembobolan 60 sistem komputer yang telah mereka lakukan.


Nah , karena hal itu lah pemahaman masyarakat menjadi rancu ,dan menyebut semua yang berkaitan dengan  peretasan sebuah sistem komputer adalah perbuatan hacker. Padahal beda lho ya , keduanya sama sama meretas sebuah sistem komputer ,tapi tujuan nya berbeda 180 derajat.



Hacker

Hacker adalah mereka yang bekerja sebagai programmer , meretas sebuah sistem atau istilahnya ngehack untuk membuatnya menjadi lebih baik dengan mencari solusi atas kekurangan dan kelemahan sebuah sistem yang telah ada.


Saat ini peretas yang demikian lebih familiar dengan sebutan White Hat Hackers , kalo bahasa kita ya Hacker Topi Putih gitu.


Apa saja sih sebenernya yang menjadi karakteristik dari seorang Hacker.?


Ini dia beberapa hal yang menandakan seorang bisa di sebut White Hat Hackers, Hacker Topi Putih  Hacker yang sebenarnya :

Pertama ,Mereka suka banget belajar secara mendetail tentang bahasa pemrograman atau sebuah sistem komputer.


Kedua, nggak cukup cuma sekedar di pelajari secara teori saja lho ya , tapi melakukan action, apa yang sudah di pelajari benar benar di terapkan dengan melakukan pemrograman sebuah sistem.



Umumnya seorang hacker itu bisa lebih cepat memahami sebuah bahasa  pemrograman  atau sistem tertentu semisal UNIX hacker dan lain sebagainya dan yang pasti seorang hacker itu bisa menghargai dan menikmati hasil hacking dari sesama hacker.



Nah seperti itulah definisi Hacker yang sebenarnya . Ternyata selama ini kita salah menilai seorang  Hacker.



Kalo begitu Jangan Salahkan Aku Jika Menjadi Hacker yaa..  😁😁



















2 komentar

SH masih kulitnya, beritanya terlalu dibesar-besarkan -_-

ya bisa jadi seperti itu mas Fajar..kebanyakan media memang terlalu bombastis dlam pemberitaan