Jack Ma dan Alibaba semakin Menggila

Tags

Jack Ma sosok sederhana yamg membesarkan Alibaba


Sebagaimana yang sudah saya janjikan sebelum nya , artikel tentang Jack Ma ini adalah bagian kedua dari kisah sukses seorang manusia bernama Jack Ma yang merupakan founder Alibaba.com , raksasa e-commerce di China,  yang selalu di perbincangkan banyak orang.

Buat anda yang belum membaca silahkan ikuti dari awal kisah nya di sini :


 Jack Ma si Gila dari China yang bawa Alibaba Mendunia


Baiklah , karena saya yakin anda sudah tidak sabar untuk mengetahui kelanjutan kisahnya , akan saya ajak anda semua kembali ke masa lampau, saat di mana sang Jack Ma mulai merintis usahanya.


Oleh oleh dari Seattle


Sepulang nya dari Seattle Amerika Serikat, ada satu ganjalan dalam hati Jack Ma , perkenalan nya dengan Internet menyisakan satu pertanyaan, kenapa aku tidak mencoba untuk melakukan langkah besar , memanfaatkan kemajuan tekhnologi Internet, agar segala informasi tentang China bisa di akses secara lebih luas oleh dunia luar, yang pada akhirnya memberikan manfaat lebih besar pada masyarakat.


Pada awalnya dia mencoba berbicara meminta pendapat dari teman teman nya di Hang Zhou, untuk mewujudkan gagasan mendirikan situs internet. Namun selama 2 jam lebih Jack berbicara dengan berapi api memaparkan gagasan nya itu , tidak ada satupun dari ke 24 orang yang berkumpul itu memahami apa yang di bicarakan.


Hal yang wajar memang, karena di tahun itu Internet benar benar sebuah istilah yang sangat asing di China. Teman teman Jack Ma bukan tidak mau mendukung  Jack ,  mereka begitu sayang pada Jack sehingga tidak ingin kalau sampai Jack Ma gagal di tengah jalan dengan ide usaha yang mereka anggap gila itu.


Meski tidak paham sepenuhnya , ada seorang rekan nya yang ber profesi sebagai bankir , memberi dukungan  kepada Jack Ma untuk mewujudkan gagasan gila itu , dengan berkata :


" Kalau kamu memang benar benar ingin melakukan nya , maka coba lah saja , Kalau toh nanti semua tidak berjalan seperti yang kamu inginkan , Kamu tinggal kembali saja ke hal yang kamu lakukan sebelum nya "


Apa yang di ucapkan teman nya ini menjadi penyemangat bagi Jack Ma untuk tidak patah arang , meski bagaimanapun dia harus mewujudkan gagasan yang di yakini nya.



Berbekal tekad yang sudah bulat , akhirnya pada bulan April 1995 dia memutuskan untuk terbang lagi  ke Seattle, kantor pusat Yahoo untuk mendaftarkan nama website nya sekaligus meminta pengarahan teknis berkaitan dengan Internet.  Ya pada hari itu babak baru telah di mulai dengan registrasi " China Pages ".



Entah secara kebetulan atau memang sudah di takdirkan , dia di beritahu  oleh staff di situ ,bahwa pada hari yang sama ,beberapa jam sebelum nya  seorang pemuda dari Taiwan juga mendaftar untuk domain " Taiwan Pages " . Itu artinya dua negara China memasuki dunia baru di ranah Informasi Teknologi.



Di tengah keterbatasan yang ada dengan ber modalkan 6000 atau 7000 Yuan uang tabungan yang tersisa di tambah pinjaman dari mertua nya , untuk menyewa  sebuah ruang di Hotel Jindi , Jack di bantu istri nya Zhang Ying dan seorang teman , mengoperasi kan perusahaan pertama nya yang di beri nama Hang Zhou Dife & Hope Computer Service Co. Inilah perusahaan ber basis website pertama di China daratan.



Sebagai seorang direktur utama, apa yang di lakukan Jack Ma tidak lah jauh berbeda dengan sales keliling , setiap hari dia sendiri yang berkeliling dari pintu ke pintu , untuk memperkenalkan usaha nya , tanpa lelah dia tak henti berpromosi hanya untuk mendapatkan satu atau dua klien, agar mau memasang produk di " China Pages " .



Pada awal nya hanya ada 2 produk  yang dia pajang di " China Pages "  , yang pertama adalah merek sebuah televisi di mana seorang teman nya bekerja di bagian ekspedisi pada perusahaan itu. Dan yang kedua adalah foto kamar hotel Lake , tempat seorang teman wanita nya menjadi manajer loby di hotel itu.



Satu hal yang membuat " China Pages " menjadi terkenal adalah saat di adakan nya Konferensi Wanita se Dunia di China th 1998 , yang mana para delegasi yang datang memilih Hotel Lake sebagai tempat menginap , padahal hotel itu hanyalah  hotel biasa  bukan kelas satu. Usut punya usut para delegasi itu memilih Hotel Lake , karena hanya itu lah satu satunya yang mereka dapatkan di Internet  ketika mengakses informasi hotel di China.



Sejak saat itu , klien " China Pages " pun mulai ber datangan dan semakin banyak, karena para pelaku usaha mulai menyadari betapa penting nya mempromosikan usaha mereka melalaui Internet.



Setelah sukses dengan  China Pages , Jack Ma mulai memikirkan konsep usaha baru yang di dasari pemikiran untuk memajukan produk Usaha Kecil Menengah , dengan menyediakan layanan pasar secara online mempertemukan penjual dan pembeli.




Dan bayi Alibaba pun lahir di tahun 1999


Atas dasar itulah pada tahun 1999 ,bersama 17 orang teman nya di Hang Zhou, Jack berhasil mengumpulkan modal awal sebesar U$ 60.000 untuk mendirikan sebuah perusahaan perdagangan online, e-commerce yang saat ini kita kenal dengan nama Alibaba.




Sistem e-commerce masih belum begitu di kenal saat itu , namun kepercayaan masyarakat yang mulai tumbuh  seiring keberhasilan China Pages dan tentu kerja keras Jack dalam mengenalkan Alibaba , maka tidak butuh waktu yang terlalu lama bagi Alibaba untuk menjadi market leader e commerce di China.



Hanya selang beberapa bulan sejak di dirikan , atau tepatnya di bulan Oktober 1999, Alibaba mampu menggaet investor baru, ya lembaga pembiayaan kondang dunia Goldman Sahcs tanpa ragu ragu menggelontorkan dana sebesar U$ 5 juta atau Rp.65 milyar rupiah , di susul tambahan dalam jumlah yang lebih besar lagi  oleh Softbank yang juga terpesona akan pesatnya pertumbuhan bayi ajaib Alibaba , investasi  U$ 20 juta atau sekurang nya Rp.261 milyar rupiah semakin menguatkan Alibaba.




Di sini  Jack Ma sebagai CEO Alibaba memegang peranan penting , Kepribadian nya yang  sederhana , tetap bekerja keras seperti biasa dengan memposisikan diri sebagai karyawan adalah poin penting bagi perkembangan usahanya.



Di saat perusahan besar lain nya tidak begitu memperhatikan para pelaku usaha kecil & menengah , Jack dengan Alibaba justru merangkul dan memprioritaskan UKM dengan memberikan fasilitas dan kredit yang tidak sedikit.



Sebagai seorang pemimpin yang ber latar belakang guru , dia mampu mengedepankan kenyamanan pelayanan  di banding mencari keuntungan semata. Dengan menyediakan kemudahan bagi orang lain , maka kemudahan pun akan datang kepada diri kita , hal itu lah yang di yakini nya.



Alibaba tidak di bangun dalam semalam , semua berawal dari kecil , namun sekecil apapun usaha yang di miliki kalau di jalankan dengan sistem yang baik pasti akan tumbuh menjadi besar. Namun usaha sebesar apa pun kalau sistem pengelolaan nya buruk , tinggal menunggu saja kehancuran nya.



Berkat tangan dingin Jack Ma , Alibaba terus merangsek menjadi pemimpin pasar jual beli online di China, apalagi setelah Yahoo. Inc tertarik membeli 40 % saham Alibaba senilai U$ 1 milyar atau Rp.13 trilyun rupiah pada tahun 2005 , pundi pundi kekayaan Jack Ma terus betambah ,sehingga menjadikan nya salah satu bilyuner baru di China.



Saat ini Alibaba menguasai 80 % pangsa pasar jual beli online di China dengan transaksi yang sangat besar.
Dan sang founder, Jack Ma yang termasuk  urutan 22 orang paling berpengaruh di dunia versi majalah Forbes ini semakin tersohor dengan total kekayaan sebesar Rp.300 Trilyun rupiah.



Perlu di baca juga buat inspirasi :
Kisah Sukses Linda Ikeji Hasilkan Ratusan Juta per Bulan Cuma Modal Blog Kayak Gini



Nama Jack Ma kembali menggetarkan dunia ketika di awal tahun 2016 lalu , Alibaba mengakuisisi situs e-commerce terbesar di Asia Tenggara , Lazada yang sudah tidak asing lagi bagi kita di Indonesia. Dengan akuisisi itu , Alibaba kian mengukuhkan diri sebagai e-commerce terbesar se jagat , mengalahkan kebesaran Amazon yang telah hadir lebih dulu.



Nama besar Alibaba dan Jack Ma bahkan menarik minat Presiden Joko Widodo untuk menjadikan nya sebagai penasehat ahli bidang pengembangan e-commerce di negara kita tercinta. Satu tugas yang tidak mudah , hanya  kapabilitas seorang Jack Ma yang menghantarkan suami Zhang Ying ini mendapatkan kepercayaan dari Presiden RI.
















2 komentar

belajar pantang menyerah dari jackma, makasih yang bang infonya :). jackma seorang pengusaha yang ulet ya

dan next time , kita akan mendengar tentang sosok Jack Ma baru dari Indonesia tercinta mas Fajar Herlambang,,bisa bisa..! :)