Jack Ma si Gila dari China yang bawa Alibaba Mendunia

Tags

Jack Ma tersenyum bersama teman masa kecil nya
Jack Ma kecil ( image sumber: Kine Master )


Saat ini siapa sih penghuni dunia yang tidak mengenal Jack Ma dengan Alibaba nya , meskipun namanya belum se tenar para pesohor lain yang lebih dulu eksis di dunia tekhnologi informasi seperti Mark Zuckerberg dengan Facebook nya atau dengan orang terkaya di dunia sang founder Microsoft , Bill Gates . Namun dunia mengakui Jack Ma adalah sosok fenomenal di abad ini.



Artikel ini di buat dalam 2 bagian yang mana bagian pertama adalah yang anda baca saat ini , tentang masa kecil Jack Ma hingga awal perkenalan nya dengan Internet.       
Sedangkan bagian ke dua nanti akan memberikan anda begitu banyak inspirasi tentang kerja keras Jack Ma membangun Alibaba dari nol hingga menjadi raksasa e commerce dunia saat ini.



Dilahirkan di kota Hang Zhou  provinsi Zhe Jiang ,Cina 10 September 1964 , Jack Ma kecil  yang memiliki nama asli Ma Yun , tumbuh di tengah keterbatasan. Penghasilan ayahnya sebagai pemain teater terkadang tidak cukup untuk biaya hidup sehari hari nya.




Meski berasal dari keluarga yang kurang mampu , tidak menyurutkan semangat Jack Ma kecil untuk menggapai mimpi nya. Berbeda dengan teman teman sebaya nya, Jack Ma memiliki kepribadian yang menonjol. Bagaimana tidak , di usia nya yang masih 9 tahun dia sudah memiliki kemampuan bahasa Inggris di atas rata rata ,  buah dari ketekunan nya yang tak pernah lelah belajar. Kemampuan itu tidak hanya dia dapatkan di bangku sekolah saja, ada hal menarik yang dilakukan untuk mengasah kemampuan nya itu, yakni dengan mengunjungi Danau Hang Zhou.



Anda pasti bertanya , apa hubungan nya mengasah kemampuan bahasa Inggris dengan Danau Hang Zhou..?
  


Bermula dari Danau Hang Zhou
 
Pertengahan tahun 70 an adalah masa di mana China mulai membuka diri kepada dunia luar , pun begitu dengan sektor pariwisata yang mulai menggeliat dengan berdatangan nya para wisatawan asing untuk berlibur ke China. Salah satu tujuan wisata adalah danau Hang Zhou  yang terletak beberapa kilometer dari dari tempat tinggal Jack Ma.




Berbekal keyakinan bahwa teori tidak akan berguna jika tidak di terapkan secara langsung, maka hampir setiap akhir pekan Jack Ma mengayuh sepeda nya mengunjungi Danau Hang Zhou, tempat di mana banyak turis asing. Di sini dia memberanikan diri untuk ber interaksi langsung, menjalin komunikasi yang baik, menerapkan teori yang di pelajari ke dalam praktek nyata.




Dengan apa yang dia lakukan itu maka tidak mengherankan jika penguasaan bahasa Inggris Jack Ma tidak terbatas pada aturan aturan baku yang sekedar tekstual, tapi lebih kepada percakapan sehari hari yang lugas. Tidak cukup melatih kemampuan berbahasa saja, namun Jack Ma menyadari arti penting menjalin hubungan persahabatan yang erat. Pemikiran nya yang visioner , dan cara nya membawa diri yang luwes membuat dia mudah diterima di mana saja, baik di tengah teman teman nya maupun di lingkungan yang baru . Ini lah satu hal yang kelak menjadi kunci keberhasilan Jack Ma dalam mengembangkan bisnis nya.





Begitulah Jack Ma menjalani masa remaja nya , yang ada dalam benak nya saat itu hanyalah keyakinan dengan kemampuan bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional , adalah salah satu penentu keberhasilan , nilai lebih untuk diterima dalam berbagai bidang pekerjaan.





Dan Jack Ma tidak salah menentukan pilihan ketika dia memutuskan untuk kuliah jurusan keguruan bahasa Ingris di salah satu universitas di kota nya , Hang Zhou Teachers University . Cita citanya masa kecil nya adalah menjadi guru, karena dengan menjadi seorang guru dia akan bisa membantu memberikan sumbangsih untuk mencerdaskan bangsa nya.




Di sela sela aktivitas nya sebagai mahasiswa, Jack Ma bekerja sebagai Guide lokal  yang dia lakukan dengan penuh keuletan dan kesabaran hingga dia berhasil lulus empat tahun kemudian. Selepas kuliah Jack Ma bekerja sebagai tenaga pengajar di kelas bahasa Inggris. Sebagai seorang guru , sosok Jack Ma begitu dekat dengan para murid murid nya. Prestasi nya pun tidak diragukan lagi , karena dia pernah terpilih menjadi Guru terbaik di Hang Zhou.




Berkenalan dengan Internet di Seattle

Peruntungan Jack Ma seakan baru di mulai ketika dia di minta untuk mendampingi Delegasi Perdagangan China untuk mempromosikan produk produk andalan Negeri Tirai Bambu itu ke kota Seattle , Amerika Serikat pada tahun 1995.



Di kota itulah Jack Ma di perkenal kan oleh seorang teman nya dengan Internet . Sesuatu yang masih asing bagi Jack Ma. Pada tahun itu bisa di katakan bangsa China belum ada seorang pun yang mengerti apa itu Internet.




Ketika dia di minta menuliskan sebuah kata ke dalam mesin pencari yang katanya bisa menjelaskan informasi apapun tentang kata itu , Jack Ma mencoba memasukkan pencarian untuk kata " Beer " begitu banyak informasi yang di tampilkan tentang merek merek bir terkenal asal Amerika Serikat , Jerman , Inggris dan lain lain, namun tidak ada satu pun informasi tentang bir China. Buat Jack Ma itu menandakan begitu minim nya informasi tentang produk China di dunia luar . Hal inilah yang membuat Jack Ma tersadar , dan terus berpikir untuk melakukan suatu langkah besar memperkenalkan produk bangsanya melalui Internet.



Facebook dalam Sepenggal Kisah



Apa yang di lakukan Jack Ma sepulang nya dari Amerika Serikat dengan membawa  gagasan cemerlang nya..? Harap bersabar karena akan saya sampaikan di bagian ke dua dari artikel bersambung ini..



Di bagian kedua nanti anda baru bisa menyimpulkan kenapa artikel ini saya beri judul Jack Ma si Gila dari China yang bawa Alibaba Mendunia ,yang setengah nya provokatif , Oke di tunggu yaa..



Salam Kopi Hitam